Find Job Now

I Careerzone

Blog

Definisi Job Desk

Definisi Job Desk, yang juga dikenal sebagai tugas dan tanggung jawab pekerjaan, adalah penjelasan rinci tentang tugas-tugas yang harus dilakukan oleh seseorang dalam posisi pekerjaan tertentu. Job Desk memberikan panduan yang jelas mengenai apa yang diharapkan dari seorang pekerja, menjelaskan tugas-tugas utama yang harus dilakukan, serta mengidentifikasi keterampilan dan kualifikasi yang diperlukan untuk melaksanakan tugas tersebut dengan baik.

Job Desk biasanya mencakup deskripsi pekerjaan secara keseluruhan, termasuk tanggung jawab yang spesifik, target pencapaian, dan hasil yang diharapkan. Ini juga dapat mencakup kriteria penilaian kinerja, jadwal kerja, dan hubungan kerja yang diperlukan dengan orang lain dalam organisasi. Dalam Job Desk, tugas-tugas yang harus dilakukan biasanya dijelaskan secara rinci, termasuk urutan langkah-langkah yang harus diambil, alat atau perangkat yang harus digunakan, serta hasil yang diharapkan dari setiap tugas. Job Desk juga dapat mencakup informasi tentang sumber daya yang tersedia, seperti anggaran, personel, atau peralatan, yang dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Selain itu, Job Desk juga dapat menguraikan kualifikasi, pengalaman, atau keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan pekerjaan dengan efektif. Ini dapat mencakup pendidikan atau pelatihan tertentu, pengalaman kerja sebelumnya, atau keterampilan khusus yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut. Job Desk juga dapat menjelaskan kemampuan interpersonal yang penting, seperti kemampuan berkomunikasi dengan baik, kerjasama dalam tim, atau kemampuan memecahkan masalah.

Dengan adanya Job Desk yang jelas dan terperinci, seorang pekerja dapat memiliki pemahaman yang jelas tentang tugas dan tanggung jawab mereka, serta harapan yang diletakkan pada mereka. Ini membantu mengatur ekspektasi, memberikan arahan yang jelas, dan memfasilitasi pengukuran kinerja yang objektif. Selain itu, Job Desk juga dapat digunakan sebagai alat untuk merekrut, menggambarkan posisi pekerjaan kepada calon karyawan, dan memastikan kesesuaian antara keterampilan dan tanggung jawab yang dibutuhkan.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *